Berbagai Manfaat Wortel

Wortel adalah sumber nutrisi penting bagi  kesehatan

 

1. Memelihara kesehatan mata

Satu wortel besar menyediakan dua kali lipat vitamin A yang dibutuhkan manusia. Selain bermanfaat untuk paru-paru, kulit dan mencegah  penurunan kognitif, vitamin A berperan penting dalam memelihara kesehatan mata dan mencegah kebutaan. American Journal of Opthalmology  mengungkapkan perempuan yang mengkonsumsi wortel dua kali seminggu, dapat menurunkan terkena risiko glukoma hingga 64%.

2. Menyeimbangkan kadar gula dalam darah

Kaya akan serat, wortel dapat  mengatur kadar gula dan insulin dalam darah serta bermanfaat untuk pencernaaan. Mengandung glycemic index rendah, wortel merupakan penyedia energi yang  konstan.

3. Menjaga Berat Badan

Selain kaya serat, 88% wortel mengandung air. Kombinasi serat dan air bisa menimbulkan efek kenyang. Selain itu, 1 cup potongan wortel hanya mengandung 52 kalori.  Mengkonsumsi wortel secara teratur sebagai pengganti karbohidrat bisa menjaga berat badan dan mengurangi lemak perut.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan dalam wortel berhubungan erat dengan menurunnya risiko beberapa jenis penyakit kanker seperti paru-paru, kolorektal, prostat dan leukemia. Sebuah studi dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi antioksidan carotenoid dalam jumlah banyak dapat menurunkan risiko terkena kanker paru paru 21%. Ada baiknya mengkonsumsi wortel dengan warna berbeda-beda seperti ungu dan merah agar memperoleh antioksidan yang lebih bervariasi.

5. Mengatur Tekanan Darah

Potasium yang terkandung dalam wortel dapat menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh, yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Sebuah studi dari Belanda memaparkan bahwa mengkonsumsi sayuran berwarna oranye seperti wortel dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 32%.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam wortel berdampak positif bagi  kekebalan tubuh dan proses penyembuhan. Vitamin C  membentuk dan melindungi mucous membrane, yang berperan sebagai penjaga masuknya kuman-kuman dalam tubuh.

7. Bonus nutrisi

Selain enam manfaat wortel di atas, wortel juga mengandung zat anti inflamasi yang berguna untuk menjaga kesehatan otak dan liver, vitamin K untuk kesehatan tulang dan vitamin B untuk membantu produksi energi.

 

Sumber:

https://www.health.com/nutrition/health-benefits-of-carrots